• Kontak Kami
  • Hotline : 083820409499
  • SMS : 081322063949
  • BBM : D05572DE

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Minggu Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » 14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani

14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani

Diposting pada 21 May 2018 oleh Shasmira Online

14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani

Shalat tarawih adalah salah satu ibadah yang dilaksanakan pada bulan ramadhan selain ibadah puasa ramadhan itu sendiri. Shalat tarawih digolongkan ke dalam salat malam dan dengan mengerjakan shalat tarawih kita bisa medapatkan keistimewaan ramadhan dan fadhilahnya (baca keistimewaan ramadhan dan puasa ramadhan dan fadhilahnya). Hukum shalat tarawih di bulan ramadhan adalah sunnah muakkad dan dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaan (baca keutamaan shalat tarawih berjamaah  dan hukum shalat tarawih sendirian). Berikut ini adalah dalil yang menyebutkan bahwa shalat tarawih adalah ibadah yang dianjurkan

ads

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ متفق عليه.

“Barangsiapa mendirikan shalat malam di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (Hadits Muttafaq alaih).

إِنَّ رَمَضَانَ شَهْرٌ فَرَضَ الله صِيَامَهُ وَإِنِّيْ سَنَنْتُ لِلْمُسْلِمِيْنَ قِيَامَهُ، فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا خَرَجَ مِنَ الذُّنُوْبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ خرجه النسائي، وقال: الصواب عن أبي هريرة

“Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barangsiapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.” (HR. Abu hurairah)

Keutamaan shalat tarawih sangatlah besar dan kita mendapatkan fadhilah shalat tarawih setiap malam yang berbeda-beda. Demikian juga shalat tarawih memiliki banyak manfaat shalat tarawih mulai baik dari segi kesehatan tubuh, jiwa dan keimanan.

Manfaat Jasmani

Shalat tarawih tidak hanya mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat jasmani yang bisa didapatkan dari melaksanakan shalat taraiwh secara rutin :

1. Menyehatkan tulang dan persendian

Tarawih adalah salah satu shalat yang cukup banyak rakaatnya. Jika kita rutin melaksanakan shalat tarawih maka niscaya gerakan-gerakan shalat tarawih mampu menyehatkan tulang dan persendian kita.

2. Menurunkan kadar gula darah

Setelah buka puasa biasanya kita cenderung makan berlebih, hal ini bisa berbahaya untuk tubuh kita terutama bagi penderita diabetes. Makanan manis yang disantap saat berbuka puasa bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh terutama pasien diabetes. Shalat tarawih adalah salah satu aktifitas dimana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah setelah berbuka puasa.

3. Membakar kalori

Siapa bilang hanya olahraga saja yang bisa membakar kalori dan lemak ditubuh? Jika anda ingin menurunkan berat badan di bulan tarawih dan memiliki sedikit waktu untuk berolahraga terutama kesulitan berolahraga saat puasa, tarawih bisa sangat membantu. Melaksanakan tarawih tidak hanya mendatangkan pahala bagi kita namun juga membakar kalori makanan yang kita santap setelah berbuka puasa.

4. Meningkatkan fungsi otak

Shalat tarawih yang rutin dilakukan bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu anda untuk lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun anda sedang berpuasa (baca tips puasa sambil bekerja)

5. Menghilangkan stress

Layaknya aktifitas fisik yang lain seperti berolahraga, shalat tarawih yang dikerjakan secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress dan tekanan yang dialami sepanjang hari terutama saat lelah dan stress karena pekerjaan. Saat melaksanakan shalat tarawih tubuh akan melepasakan beberapa senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan stress.

6. Meningkatkan mood

Banyak hal-hal yang bisa merusak mood kita dan tentunya saat berpuasa kita berusaha sebisa mungkin untuk meredam emosi kita terutama marah dan kesal. Shalat tarawih bisa menajdi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik kita dan menghilangkan stress. Saat shalat tarawih tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endhorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood kita menjadi baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka shalat tarawih bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Saat melakukan gerakan shalat tarawih secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat kita merasa nyaman. Bisa dikatakan bahwa shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung. Hal ini berdasarkan riset yang dilaksanakan di universitas Harvard.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Shalat tarawih yang dilaksanakan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kita terutama bagi lansia atau orangtua. Gerakan-gerakan shalat dapat memicu realsi tubuh kita dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh. Inilah yang membuat kita bisa kuat berpuasa dan terhindar dari penyakit saat berpuasa di bulan ramadhan.

9. Meningkatkan stamina

Memiliki stamina yang prima adalah salah satu hal yang diinginkan bagi setiap orang terutama mereka yang berpuasa dibulan ramadhan. Seperti aktifitas olahraga, shalat tarawih ternyata juga dapat meningkatkan stamina kita dan membuat kita tidak cepat lelah dan mengantuk disiang hari.

Manfaat Rohani

Tidak hanya menyehatkan tubuh, shalat tarawih bisa memberikan kita ketenangan batin dan menajaga kesehatan mental jika dilaksanakan dengan ikhlas dan konsisten. Berikut ini adalah manfaat rohani yang dapat kita rasakan dengan melaksanakan shalat tarawih

1. Meningkatkan keimanan

Shalat tarawih adalah salah satu bentuk ibadah yang bisa meningkatkan rasa keimanan kita kepada Allah SWT terutama di bulan ramadhan dimana seluruh pahala ibadah yang dilakukan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

2. Memberikan ketenangan batin

Seperti shalat lainnya baik shalat wajib maupun shalat sunnah seperti shalat tahajud (baca juga manfaat shalat tahajud, keutamaan shalat tahajud dan shalat tahajud di bulan ramadhan) mengerjakan shalat tarawih juga akan membuat kita merasa tenang dan nyaman hal ini karena efek dan reaksi tubuh yang disebutkan sebelumnya bahwa sholat tarawih bisa menghilangkan stress dan depresi.

3. Meningkatkan solidaritas sosial

Shalat tarawih yang dilaksanakan berjamaah bersama orang lain akan meningkatkan hubungan silaturahmi (baca keutamaan menyambung tali silaturahmi) sesama muslim dan menguatkan ukhuwah islamiyah diantara umat islam. Ramadhan adalah momen yang tepat untuk bersilaturahmi bukan?

4. Menghilangkan kesenjangan sosial

Shalat tarawih berjamaah biasanya dilaksanakan di tempat peribatan umum seperti masjid atau mushola. Dengan melaksanakan shalat tarawih berjamaah, masyarakat baik yang tua, muda , kaya maupun miskin bisa saling membaur dan tidak ada perbedaan diantara mereka. Sebagaimana kita ketahui bahwa yang membedakan manusia yang satu dengan manusia yang lain hanyalah keimanan dan ketaqwaannya.

5. Melatih kesabaran

Puasa ramadhan adalah salah satu sarana untuk melatih kesabaran sebagaimana juga ibadah shalat tarawih. Shalat tarawih yang dilaksanakan secara berjamaah dimasjid dapat melatih kesabaran kita karena berbeda dengan shalat wajib, shalat tarawih ini dilaksanakan dengan rakaat yang lebih banyak. Kita diharuskan untuk bersabar dengan mengikuti imam dan tidak meninggalkannya sampai selesai. Shalat tarawih sampai selesai dan tidak meninggalkan imam pahalanya seperti shalat semalam suntuk. Hal ini disebutkan dalam hadits

مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةٍ )) رواه أصحاب السنن

“Barangsiapa mendirikan shalat malam bersama imam sehingga selesai, dicatat baginya shalat semalam suntuk

Demikianlah manfaat shalat tarawih baik untuk jasmani maupun rohani. Semoga kita bisa melaksanakan ibadah puasa dan shalat tarawih dengan lancar di bulan ramadhan nanti. Semoga bermanfaat

Bagikan informasi tentang 14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani kepada teman atau kerabat Anda.

14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani | Koleksi Busana Muslim SHASMIRA Terlengkap – di Bandung

Komentar dinonaktifkan: 14 Manfaat Shalat Tarawih bagi Jasmani dan Rohani

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 139.000
Ready Stock / BERGO
Rp 209.000
Ready Stock / BLACK BLOUSE
Rp 375.000
Ready Stock / FRI DRESS
SIDEBAR