• Kontak Kami
  • Hotline : 083820409499
  • SMS : 081322063949
  • BBM : D05572DE

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 08.00 s/d jam 17.00 , Minggu Tutup
Beranda » Artikel Terbaru » Manfaat Saling Memaafkan

Manfaat Saling Memaafkan

Diposting pada 23 November 2016 oleh Shasmira Online

Manfaat Saling Memaafkan

TIDAK ada manusia yang sempurna di dunia ini. Maka sangatlah wajar apabila dalam kehidupannya manusia sering berbuat salah. Karena itu, Islam sebagai agama yang sempurna telah mengajarkan umatnya untuk saling memaafkan dan melupakan kesalahan yang orang lain telah perbuat. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-A’raf ayat 199 yang artinya, “Jadilah engkau pema’af dan suruhlah orang mengerjakan yang ma’ruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.”

Selain itu, Para ahli juga telah menyadari bahwa memaafkan dan melupakan merupakan salah satu mekanisme pertahanan. Kedua hal ini merupakan sumber daya penyembuhan yang tidak terakses dan yang paling tidak dipahami. Berikut ini manfaat minta maaf dan memberi maaf, disitat dari Infoyunik.

  1. Jika orang menyadari kesalahannya, tetapi tidak mengerahkan keberaniannya untuk minta maaf, Ia sama sekali tidak akan mendapatkan manfaat. Sebaliknya, Ia akan dihantui perasaan bersalah. Dengan meminta maaf atau memaafkan, maka bisa melepaskan perasaan bersalah tersebut.
  2. Dalam hubungan yang tegang, hidup kedua belah pihak bisa diwarnai stress, Sebuah permintaan maaf bisa memberikan kebahagiaan baru pada dua belah pihak.
  3. Pemberian maaf mematahkan cengkraman rasa sakit pada pikiran kita dan membuka pintu bagi berbagai kemungkinan baru. Sebuah awal baru bisa muncul dari luka lama.
  4. Pemberian maaf mengubah sikap bermusuhan menjadi sikap membantu dan mengangkat semangat orang yang memaafkan serta yang dimaafkan.
  5. Kata orang, hal terpenting dari memafkan adalah cinta, dan pemberian maaf terbaik dilakukan kepada orang-orang yang kita sayang dan telah melukai kita. Pemberian maaf dalam kasus ini sangat efektif dalam memperbaharui persahabatan, perkawinan dan karir.
  6. Kebencian dan balas dendam mengganggu keselarasan seluruh keluarga. Kebencian entah aktif atau pasif, adalah keganasan yang tumbuh menggerogoti Anda dari dalam, serta terus mengeluarkan zat-zat berbahaya yang memicu berbagai penyakit. Balas dendam hanya akan membentuk lingkaran balas dendam yang tiada akhir. Lepaskanlah, dan mulailah untuk belajar meminta maaf dan memaafkan.

Meminta maaf adalah perwujudan cinta, kebaikan dan rasa sayang yang tidak egois, dan tanpa pamrih. Sedangkan memaafkan adalah melupakan, tidak membahasnya lagi dan itu berarti sembuh. Semoga kita semua dapat saling memaafkan. Mari saling memaafkan!

Bagikan informasi tentang Manfaat Saling Memaafkan kepada teman atau kerabat Anda.

Manfaat Saling Memaafkan | Koleksi Busana Muslim SHASMIRA Terlengkap – di Bandung

Komentar dinonaktifkan: Manfaat Saling Memaafkan

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 199.000
Ready Stock / NEW BERGO 029
Rp 110.000
Ready Stock / NEW BERGO 005
Rp 219.000
Ready Stock
SIDEBAR